Agus Rahardjo Kecewa Akan Keputusan Presiden Jokowi Terkait Revisi UU KPK

Agus Rahardjo Kecewa Akan Keputusan Presiden Jokowi Terkait Revisi UU KPK

Agus Rahardjo Kecewa Akan Keputusan Presiden Jokowi Terkait Revisi UU KPK – Ketua KPK Agus Rahardjo menyerahkan tanggung jawab pengelolaan KPK ke Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sikap selanjutnya dinilai sebagai bentuk kekecewaan terhadap Jokowi.

Agus Rahardjo Kecewa Akan Keputusan Presiden Jokowi Terkait Revisi UU KPK

“Ini akumulasi kekecewaan atas penyiraman air keras, bom molotov, dan penganiayaan terhadap penyidik. Hingga memuncak terhadap seleksi capim KPK dan revisi UU KPK,” kata Koordinator Divisi Korupsi Politik ICW Donal Fariz selagi dihubungi, Sabtu (14/9/2019).

Donal mengaku memahami alasan pimpinan KPK menyerahkan pengelolaan instansi antirasuah itu kepada Jokowi. Dia lihat Jokowi maupun pemerintah tak menyediakan area komunikasi bersama dengan KPK berkaitan revisi UU KPK.

Penyerahan itu bentuk kekecewaan negara yang tidak hadir di dalam upaya menjaga KPK dan mendukung terhadap agenda pemberantasan korupsi,” ujar Donal.

Dia lantas menyoroti soal pembahasan draf revisi UU KPK yang serupa sekali tidak melibatkan pihak KPK. Padahal, UU selanjutnya nantinya dapat dijalani oleh KPK.

Pada titik ini, Donal tidak yakin kecuali revisi UU KPK disebut untuk memperkuat KPK. Menurutnya, kecuali revisi UU dilakukan untuk memperkuat, semestinya KPK menjadi pihak utama yang menyuarakan keperluan di dalam agenda pemberantasan korupsi.

“Narasi revisi UU KPK untuk memperkuat kelembagaan KPK itu tidak diterima logika sehat. Mana tersedia revisi UU untuk memperkuat namun drafnya tidak firm hingga selagi ini? Dan mana tersedia penguatan itu dilakukan terhadap selagi injury time instansi legislatif? Dan yang paling penting, mana tersedia penguatan namun tidak pernah dilibatkan serupa sekali?” bebernya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *