Andi Arief Menjelaskan Tidak Tersedia Oposisi Yang Sukses Didalam Sejarah Perpolitikan Indonesia

Andi Arief Menjelaskan Tidak Tersedia Oposisi Yang Sukses Didalam Sejarah Perpolitikan Indonesia

Wasekjen Partai Demokrat (PD) Andi Arief menjelaskan tidak tersedia oposisi yang sukses didalam sejarah perpolitikan Indonesia. Menurutnya, gerakan-gerakan kontra pemerintah hanya bisa dilaksanakan rakyat dan mahasiswa waktu reformasi.

Andi Arief Menjelaskan Tidak Tersedia Oposisi Yang Sukses Didalam Sejarah Perpolitikan Indonesia

“Tidak tersedia oposisi yang sukses di sejarah politik kita, terkecuali oposisi rakyat, gerakan mahasiswa melawan Soeharto,” ucap Andi Arief kepada wartawan, Minggu (28/7/2019).

Andi Arief menyebut PDIP di 5 th. pertama pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) juga gagal menjadi oposisi. PDIP kemudian sukses di Pemilu 2014, menurut Andi Arief, karena Partai Demokrat (PD) yang berkuasa waktu itu tidak sukses menemukan figur yang tepat.

“PDIP lima th. pertama menjadi oposisi gagal, lima th. ke-2 di 2014 sukses karena melawan oposisi juga Gerindra. Partai yang berkuasa waktu itu tidak menemukan figur tepat,” ucap Andi Arief.

Andi Arief menyebut umpama oposisi yang bisa dibilang sukses keliru satunya ialah partai baru yang sukses menemukan figur pas saat pemilu. Di Pemilu 2019, partai-partai oposisi gagal membuktikannya.

“Sebetulnya kisah oposisi sukses itu adalah saat tersedia partai baru yang turut pemilu miliki figur tepat. Misalnya PDIP di 1999 dan Partai Demokrat di 2004. Partai Gerindra bersama dengan figur Prabowo gagal di 2009. Tempat oposisi itu tersedia di partai baru, PSI, Perindo, dan lain-lain gagal di 2019,” imbuh dia.

Andi juga berkata soal isu politik SARA. Menurutnya, terkecuali tersedia partai politik yang mengutamakan isu itu di lima th. pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin, mereka pasti tidak diterima masyarakat.

“Dengan pembawaan masyarakat yang plural dan menolak politik SARA, maka terkecuali tersedia partai yang memakai politik SARA di luar pemerintahan, nggak akan ketemu rumus bisa sukses berkuasa dan akan konsisten menjadi sekte didalam politik Indonesia,” sebut Andi Arief.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *