Ditemani Prananda dan Hasto, Megawati Tinjau Jalannya Rakernas PDIP

Ditemani Prananda dan Hasto, Megawati Tinjau Jalannya Rakernas PDIP

Ditemani Prananda dan Hasto, Megawati Tinjau Jalannya Rakernas PDIP

Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri konsisten memantau pelaksanaan Rakernas partainya yang memasuki hari ke dua di Kompleks JiExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat. Dia ditemani Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan Kepala Situation Room PDIP Prananda Prabowo.

Megawati disebutkan konsisten mendengarkan pemaparan para pemateri dan peserta kelas yang terlihat disiplin memperhatikan paparan. Peserta terdiri dari anggota DPR RI, kepala daerah, anggota DPRD dan pimpinan partai daerah.

Megawati sesekali terlihat berdiskusi bersama Hasto dan Prananda sambil menunjuk ke kertas yang dipegangnya. Selain itu, dia sempat tertawa terlepas mendengarkan lebih dari satu pertanyaan peserta.

Agenda Rakernas hari ke dua berbentuk kesibukan di Kelas 1, Kelas 2 dan Kelas 3 tertutup bagi media. Di kelas 1 pada sesi pertama materinya politik partai dalam tata kelola partai bersama narasumber Sukur Nababan, Ono Surono, Olly Dondokambey, Djarot Saiful Hidajat, dan Andi Wattiri.

Di sesi ke dua tampil sebagai pemateri Bambang Wuryanto mengkaji pemenangan pilkada. Di meja pimpinan juga ada Utut Adianto, Sukur Nababan dan Rudianto Tjen. Utut berperan sebagai moderator.

Usai mendengarkan materi di area kelas 1 Rakernas PDIP, Megawati lalu mengidamkan memantau suasana di luar ruangan.

Prananda, atau akrab disapa Mas Nanan, lalu mengemudikan sebuah kendaraan terbuka kecil sama golf car bagi Megawati. Terakhir diarahkan menuju area transit VVIP di arena Rakernas. Para peserta yang melihat Megawati, lebih dari satu kali meneriakkan namanya.

“Kami mohon maaf bahwa acara kali ini berbentuk tertutup mengingat PDIP di dalam Rakernas ini butuh suasana yang spesifik di dalam mengkaji materi-materi yang terlampau penting, strategis, dan dapat jadi bahan petunjuk dari Rakernas,” kata Hasto di lokasi, Sabtu (11/1/2020).

Pilkada dan Bencana

Menurut Hasto, lebih dari satu materi pokok sebetulnya jadi perhatian utama dari Megawati sehingga meninjau secara langsung lebih dari satu kelas layaknya pemenangan pemilu, karena persiapan pilkada serentak harus dilaksanakan bersama sebaik-baiknya.

“Pilkada serentak ialah momentum untuk membangun mekanisme kelembagaan partai di dalam membuahkan pemimpin yang mumpuni, baik pemimpin yang ideologis dan pemimpin yang memiliki jiwa kerakyatan itu,” lanjut dia.

Selain itu, menurut dia, Megawati juga menyimpan perhatian pada persoalan yang disampaikan oleh BMKG dan BNPB mengenai kesiapan menghambat bencana.

“Bahkan Ibu Megawati bersama Mas Prananda, memantau dan duduk di area paling belakang. Kemudian saat sementara habis diberikan sementara tambahan sehingga kami semua terlampau sadar bagaiman kami tinggal di area yang rawan pada bencana,” pungkas Hasto.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *