Ekonomi Akan Di Beri Suntikan Keseluruhan Dari Pemerintah

Ekonomi Akan Di Beri Suntikan Keseluruhan Dari Pemerintah

Ekonom senior sekaligus Ketua Dewan Pengurus Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES) Profesor Didik Rachbini menyebut bahwa pemerintah yang otoriter dapat merubah ekonomi secara keseluruhan.

Hal ini ia katakan untuk mengevaluasi satu th. pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin di dalam Seminar Online Evaluasi bidang Politik dan Ekonomi, Kamis (5/11/2020). “Pemerintah saat ini lebih otoriter dan dapat merubah ekonomi secara total di era yang datang,” kata Didik.

Dampak Ekonomi akibat Resesi Bukan tanpa sebab, menurut dia, pemerintah kala ini telah menutup kritik dari masyarakat sekiranya lewat media sosial lewat Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 perihal Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Lanjutnya, perihal ini telah menutup terdapatnya check plus balance yang sejatinya dibutuhkan di dalam pemerintah untuk penyeimbangan ekonomi politik.

“Kebijakan ekonomi yang baik itu adalah demokrasi yang baik, ada check plus balance. Jadi tidak ngawur. Karena saat ini orang bicara, orang jalankan kritik ditangkap bersama UU ITE dan seterusnya,” jelasnya. Baca juga: Wapres Ingatkan soal Pelanggaran Kesesuaian Syariah Rugikan Pelaku Ekonomi Jika perihal ini konsisten dilakukan, kata dia, dapat berpengaruh juga pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Ia pun tak segan-segan menjelaskan bahwa pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin adalah rezim pencipta utang. “Rezim Jokowi ini adalah rezim pencipta utang, makin lama th. makin lama besar. Baik infrastruktur, pengeluaran sosial, tidak ada yang ngontrol, DPR nya cuma manut saja,” ungkap Didik. Hal itu terjadi, lanjutnya, gara-gara kemampuan elektoral parlemen berpindah menjadi kemampuan eksekutif. Ia menyebut situasi layaknya ini mirip persis layaknya zaman Orde Baru.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *