Habib Rizieq Akan Tambah Masa Pendukungnya

Habib Rizieq Akan Tambah Masa Pendukungnya

Habib Rizieq Shihab diprediksi bakal merapat ke Partai Ummat atau Partai Masyumi dan pendiri FPI ini bakal membawa pendukungnya.

Dua partai itu, menurut analis dari instansi Political plus Public Policy Studies Jerry Massie bakal jadi kapabilitas oposisi yang bakal menenggelamkan partai mainstream.

Jerry menilai Habib Rizieq ulang ke Indonesia pada momentum yang pas dan bakal berdampak positif pada tokoh Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia Gatot Nurmantyo sampai Anies Baswedan.

“Magnet politik HRS tidak dapat dianggap sepele lantaran massanya saya perkirakan bertambah,” kata Jerry kepada Suara.com, Rabu (18/11/2020).

Faktor utama yang membuat Habib Rizieq tambah kuat gara-gara tak tersedia ulang oposisi di parlemen, hanya tersedia PKS dan Demokrat, tapi mereka dinilai Jerry bukan oposisi sejati.

“Bisa saja perkawinan politik group KAMI dan 212. Kelompok Ummat dapat berjaya pada pilpres 2024 nanti,” kata Jerry.

Dalam sejarahnya, kata Jerry, Masyumi dulu laksanakan perihal spektakuler pada pemilu 1955. Meraih posisi kedua. Posisi pertama PNI (119 kursi), Masyumi (112 kursi), dan Partai NU (91 kursi).

“Nah bersama dengan hadirnya HRS apalagi dia masuk sebagai penasihat atau posisi lain entah itu Masyumi Reborn dan Partai Ummat bakal membuat pilpres mendatang kian seru,” katanya.

“Jadi HRS dapat menarik group ulama sampai santri dan pendukung lainnya. Jika beliau membuat perubahan polanya maka bakal menarik simpati.”

Menilai dinamika yang terjadi, kata Jerry, “Politik ular yakni cerdik dan politik merpati yang tulus mesti juga digunakan. HRS tokoh kontroverial dan fenomenal dapat mengancam elektabilitas calon lain. Barangkali dia tak bakal maju didalam pilpres, tapi kalau dia berafiliasi bersama dengan partai maka bakal mengancam partai lainnya.”

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *