Mahfud MD Tak Tanggapi Urusan Parpol

 

Mahfud MD Tak Tanggapi Urusan Parpol – Nagara Institute merilis hasil riset tentang tren praktek dinasti politik sebagai dampak oligarki partai.

Hasil riset lembaga itu menunjukkan, sebanyak 17,22 anggota DPR RI periode 2019 – 2024 berkelindan bersama dengan sosok-sosok yang di awalnya telah berkecimpung didalam dunia politik maupun jabatan publik.

Merespons hal tersebut, Menkopolhukam Mahfud MD menyebut terkecuali urusan dinasti politik bukan urusan pemerintah. Masalah tersebut sanggup diurus partai politik yang mengenai manfaat memutus rantai dinasti politik.

“Saya baca itu kan DPR, bukan urusan pemerintah. Urusan partai sendiri. Kalau Undang Undangnya sendiri kan sanggup ditunaikan sesuai kewenangan masing-masing partai terkecuali mencalonkan orang,” kata Mahfud di Kompleks Istana Kepresidenan, Rabu (19/2/2020).

Dalam hal pencalonan kader untuk Pemilihan Legislatif maupun Pemilihan Kepala Daerah, semua itu urusan partai. Jadi, terkecuali berlangsung problem dinasti politik di tubuh partai, pemerintah tidak sanggup ikut campur.

“Baik Pileg maupun pilkada kan mereka semua. Jadi terkecuali ada itu berarti ada problem di tingkat partai, bukan pemerintah dong. Yang menentukan calon anggota DPR kan partai,” katanya.

Saat disinggung apakah pemerintah tidak berpartisipasi aktif didalam memberangus dinasti politik, Mahfud menyebut pihaknya bakal bersikap sesuai porsinya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *