PKS Tak Mau Adanya Dewan Pengawas KPK

PKS Tak Mau Adanya Dewan Pengawas KPK

PKS Tak Mau Adanya Dewan Pengawas KPK – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tetap keukeuh menampik ada dewan pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), yang merupakan hasil dari revisi Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK.

PKS Tak Mau Adanya Dewan Pengawas KPK

Politikus PKS Indra menjelaskan, penolakan itu bukan mengarah ke komposisi dari orang-orang yang mengisi posisi dewan pengawas tersebut, melainkan rencana dari ada jabatan baru yang lahir dari revisi undang-undang tersebut.

“Bagi saya bukan personelnya yang bermasalah, namun konsepnya yang bermasalah. Ditakutkan terkecuali konsepnya bersamalah, personelnya terhitung akan turut bermasalah,” kata Indra dalam acara Polemik MNC Trijaya bersama tema “Babak Baru KPK” di Jakarta Pusat, Sabtu (21/12/2019).

Selain itu, kata Indra, bersama ada rencana dewas di KPK, penindakan yang ditunaikan instansi antirasuah akan melemah. Dia menyebut, kudu izinnya tim KPK kepada dewas selagi akan laksanakan penindakan yang akan menjadi masalah.

“Kami tahu, tindak pidana korupsi ini terjadinya sangat cepat, mampu berjalan dikarenakan perencanaan maupun tidak, terkecuali kudu izin dewas dan ketinggalan dalam menangkap maka pidananya akan hilang,” ujar Indra.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) formal melantik lima orang anggota Dewan Pengawas KPK. Mereka adalah Tumpak Hatorangan Panggabean formal ditunjuk sebagai Ketua Dewas KPK. Selain itu, keempat orang Dewas KPK lainnya yakni Artijdo Alkostar, Albertina Ho, Syamsuddin Haris, dan Harjono.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *