Wakil Ketua PAN: Sangat Bijak Jika Pak Amien Rais Netral di Kongres

Wakil Ketua PAN: Sangat Bijak Jika Pak Amien Rais Netral di Kongres

Wakil Ketua PAN : Sangat Bijak Jika Pak Amien Rais Netral di Kongres

Amien Rais diinginkan tidak kembali terlibat dalam pertarungan pada Kongres Partai Amanat Nasional (PAN) 2020. Pendiri partai berlambang matahari itu diminta bersikap netral dan tidak membantu keliru satu kandidat.

Wakil Ketua DPP PAN, Viva Yoga Mauladi mengapresiasi adanya usulan sehingga mantan Ketua Umum PAN, Amien Rais bersikap netral di kongres mendatang. Menurut dia, ketidakberpihakan Amien kepada keliru satu calon ketua umum di arena kongres merupakan langkah bijak, dan dapat menjadikannya sebagai bapak semua kader partai.

“Sangat bijak jika Pak Amien tidak memihak. Pak Amien ditaruh sebagai wasit yang melihat semua kadernya melaksanakan kompetisi,” ujar Viva di Jakarta, Jumat 10 Januari 2020.

Namun begitu, ia menyerahkan keputusan dan pilihan politik itu kepada Amien Rais. Menurutnya, langkah Amien membantu keliru satu kandidat merupakan hak sebagai kader partai.

Lebih lanjut, Viva mengakui, ketokohan Amien di PAN tetap berpengaruh dan lumayan efektif dalam mendulang dukungan para kader. Namun keputusan akhir dalam memilih ketua umum PAN periode mendatang berada di tangan para kader yang memiliki hak suara.

“Semuanya, bergantung pada kader PAN memilih nanti. Seberapa pengaruhnya Pak Amien, saya tidak bisa menjawab. Yang sadar ada pengaruhnya,” sadar dia.

Sebelumnya, Pengamat Politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Adi Prayitno mengatakan, demi kebesaran dan lancarnya suksesi kepemimpinan di PAN, idealnya Amien Rais mengayomi semua calon ketua umum, bukan membantu keliru satu calon.

“Sebagai guru bangsa, setidaknya bagi kader-kader PAN, sebaiknya Pak Amien berdiri di atas semua calon ketua umum, bukan membantu keliru satunya,” ujar Adi di Jakarta.

Jaga Kondusivitas

Menurut dia, ketidakberpihakan Amien kepada keliru satu calon ketua umum dapat melindungi kondusivitas, keutuhan, dan juga soliditas semua kader partai. Selain itu, sikap netral dari keliru satu pendiri PAN itu juga dapat melindungi kehormatan Amien Rais yang dianggapnya tidak tergantikan di PAN.

“Kalau Pak Amien membantu keliru satu calon, nanti terlihat stigma bahwa calon lain artinya melawan Pak Amien. Padahal, ini kan demokrasi semua berhak maju membesarkan partai,” tambahnya.

Lebih lanjut, Adi mengusulkan sehingga para dapat calon ketua umum PAN tak menarik Amien Rais tarik terlampau jauh dalam kongres mendatang. Sebab, posisi ideal dari Ketua Dewan Kehormatan berada di luar pertarungan, tak masuk dalam gelanggang politik elektoral persaingan calon ketua umum ini. “Apalagi semua calon ini adalah santri santri Pak Amien,” tandasnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *